Blognya Marketer Sul-Sel


Seminar Inovate or Die by imasulsel
Juni 25, 2007, 1:08 pm
Filed under: Uncategorized

* Catatan dari Seminar “Innovate or Die”

SABTU, 23 Juni pagi, Alamanda Ballroom Hotel Imperial Aryaduta Makassar, dipadati ratusan orang dari berbagai latar belakang. Ada dari dunia perbankan, media, olahraga, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Mereka berkumpul untuk mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai marketing atau pemasaran. Laporan Ramah Praeska

PENGURUS Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Sulsel yang baru saja dikukuhkan, langsung menggelar seminar bertajuk “Innovate or Die”. Seminar itu, mengupas lebih dalam mengenai kiat sebuah perusahaan agar produknya tetap laku di pasaran. Intinya, dibutuhkan inovasi dalam memasarkan produk itu.

Namun, produk akan laku terjual jika ditunjang marketing yang baik. Seperti yang diutarakan Presiden IMA Chapter Sulsel periode 2007-2010, Pahala P Hariandja bahwa marketing merupakan cara yang paling tepat dalam memenuhi kebutuhan seseorang atau customer.

“Marketing merupakan profesi paling mulia, yang akan tetap ada sampai kapan pun. Malah, marketing adalah profesi paling tua di dunia, sudah ada sejak zaman Adam-Hawa,” katanya.

Menurut dia, satu hal yang perlu diperhatikan para pengusaha untuk bersaing dalam pemasaran, yakni berusaha untuk menjadi paling unik dan beda dengan lainnya. Namun, semua itu, hanya bisa terwujud bila ada inovasi.

“Untuk menciptakan sebuah produk unik yang laku keras di pasaran, maka diperlukan inovasi. Tentu saja, kita harus mengetahui inovasi seperti apa yang bisa dijual di pasaran,” papar Pahala.

Sekjen IMA Pusat, Yuswohady, mengemukakan, ada tujuh ide dalam inovasi pemasaran. Tujuh ide itu adalah anthropology, convergence (penggabungan produk), democratize (melibatkan kostumer), blue ocean market, grameen (lirik segmen miskin), hole (menutup lubang di perusahaan), dan icon.

“Jika mampu menciptakan sebuah produk hasil inovasi, maka perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan cost besar untuk promosi. Bahkan, kalau perlu tidak ada sama sekali biaya yang dikeluarkan. Customer sendiri yang akan mencari produk itu, karena memang sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebuah perusahaan akan tetap eksis, jika melakukan inovasi terus menerus. Sebaliknya, bila tidak mampu lagi membuat inovasi, maka perusahaan itu akan bangkrut atau mati dengan sendirinya.

Tak ayal, kata dia, dibutuhkan orang “gila” dalam menciptakan produk yang bisa diterima di pasaran. Seperti yang dilakukan Steve Job, selaku pemilik perusahaan Apple,– sebuah perusahaan paling inovatif di dunia. Steve, kata Yuswohady, selalu membuat produk unik berkat “kegilaannya”. Seperti menciptakan ipod, handphone, dan komputer canggih.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Media Fajar Group yang juga Board of Advisor IMA Chapter Sulsel, HM Alwi Hamu, mengatakan, untuk menjadi market leader memang dibutuhkan orang “gila”. Semua itu sangat diperlukan dalam mencapai goal atau tujuan perusahaan.

“Seperti yang pernah saya lakukan di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menerbitkan sebuah koran beberapa waktu lalu. Dulu, sebelum ada koran masuk, masyarakatnya malas beraktivitas pada malam hari. Bila sudah masuk pukul 20.00 Wita, Palangka Raya seperti kota mati. Tetapi, setelah koran berhasil saya terbitkan di sana, pada pukul 23.00 Wita, masyarakatnya masih beraktivitas. Sekarang ini, sudah sangat banyak pedagang kaki lima dan sebagainya,” terang Alwi Hamu, yang menjadi keynote speech, pada seminar itu.

Koordinator Staf Khusus Wapres ini menambahkan, terkait pemasaran di Indonesia umumnya dan di Sulsel khususnya, masih seperti yang dulu. Inovasi belum berkembang. Hanya melakukan penjualan (sale) saja.
“Makanya, harus lebih aktif, terutama pemasar dan calon pemasar. Ide dan image harus dipasarkan,” sarannya.

* Pengurus Baru

Selain seminar, kemarin juga dilakukan pelantikan pengurus IMA Chapter Sulsel periode 2007-2010. Para pengurus dilantik Sekjen IMA Pusat, Yuswohady. Pengurus IMA Chapter Sulsel yang dilantik, terbilang gemuk, yakni mencapai 61 orang dari latar belakang berbeda-beda.

Nama-nama seperti Sabri Rasyid (General Secretary), Muhammad Hasbi (Executive Secretary), Muhammad Mada (General Treasure), Yusvan Paris (Vice President HRD), Muh Akbar (Internal Communication), dan Faisal Syam (External Communication Director), tercatat sebagai pengurus.

Board of Advisor IMA Chapter Sulsel, HM Alwi Hamu, yang ditemui usai pelantikan menjelaskan, IMA merupakan organisasi untuk menghimpun para pelaku marketing.

“Saya berharap, pengurus IMA Sulsel lebih sering melakukan pertemuan. Siapa tahu, dari situ muncul ide-ide baru untuk melakukan sebuah inovasi. Tentunya, juga saling bertukar ide,” harapnya. (*)

Sumber:  http://www.fajar.co.id (fajar Online)


7 Komentar so far
Tinggalkan komentar

senang masih mendengar IMA sejak 1988

Komentar oleh amri latief

The following post, “Seminar Inovate or Die Blognya Marketer Sul-Sel” reveals that
you know everything that u r communicating about!

I actually 100 % agree with your post. Many thanks -Birgit

Komentar oleh http://bing.com

This is really interesting, You are a very skilled
blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your magnificent post.
Also, I’ve shared your website in my social networks!

Komentar oleh Home Office approved training

I blog quite often and I truly thank you for your content.

Your article has truly peaked my interest.
I’m going to take a note of your blog and keep checking for new information about once per week. I opted in for your RSS feed too.

Komentar oleh Immigration Lawyer in Bromley

Utopian, that is, except for the fact that once you
hit the age of 30, you’re executed. The pyramid eventually opens to reveal two guys that appear to be in motorcross suits acting as DJ’s.
He is battle weary and bent with age and it dawns on me
my mighty Seraph is mortal after all.

Komentar oleh Kristine

Thanks for any other fantastic post. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect means of
writing? I’ve a presentation subsequent week, and I’m at the look for such information.

Komentar oleh Terese

Hi there! This is my first visit to your
blog! We are a team of volunteers and starting a new initiative in a community in the
same niche. Your blog provided us useful information to work on.
You have done a extraordinary job!

Komentar oleh temecula web design




Tinggalkan komentar